Selasa, 25 Juni 2013

Nasi Aduk Kornet

Bermula ketika saya lapar di malam hari yang sudah sangat larut dan ketika buka kulkas pilihannya cuma ada   mie instan dan kornet. Karena bosan dengan mie instan yang melulu, akhirnya saya pilih kornet. Awalnya agak bingung mau diapakan. Setelah kroscek dapur dan tersedia cabe bawang akhirnya terinspirasi bikin masakan ala-ala hehe. Sebut saja dia "nasduknet" : nasi aduk kornet. HAHAHA

Berikut adalah bahan dan tatacara pembuatan untuk sepiring NASDUKNET.

BAHAN
  1. Sepiring normal nasi putih (saya juga pernah bikin pake nasi uduk, karena kehabisan nasi putih, rasanya gurih).
  2. Kornet kurang lebih seperempat kaleng (kalau mau lebih banyak ya tambahkan saja jadi setengah).
  3. 5 sium bawang merah
  4. 1-2 sium bawang putih (saya biasanya pakai 2 bawang putih, 1 besar, 1 lagi agak kecilan)
  5. 2 bh cabai rawit merah (opsional tergantung suka pedas atau tidak)
  6. Gula pasir secukupnya (biasanya saya tabur pakai tangan, sekali comot dengan ujung2 jari, pakai "feeling" aja)
  7. Kaldu bubuk rasa sapi (opsional: kalau gak ada saya pakai gula aja cukup)
  8. Saos sambal (opsional,saya pakai kalau ada aja)
  9. Mentega (pengganti minyak goreng dan supaya lebih maknyuuss)

CARA PEMBUATAN

  1. Nyalakan api kompor, jangan terlalu besar (sedang saja).
  2. Panaskan mentega secukupnya.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  4. Masukkan cabai dan tumis lagi sebentar.
  5. Masukkan kornet, tumis lagi. Bagian ini agak lama. Kalau saya suka hingga kornet setengah kering.
  6. Taburkan gula dan kaldu bubuk, aduk hingga rata.
  7. Masukkan saos sambal secukupnya, aduk hingga rata.
  8. Masukkan nasi putih, aduk hingga merata.
  9. Jika dirasa nasi aduk sudah merata  dan kekeringan sudah pas, matikan api, lalu hidangkan.

Biasanya saya suka makan dengan tambahan emping dan segelas es teh. MAKNYUSS.

Selamat mencoba dan menikmati :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terdepan