Selasa, 18 Januari 2011

Kue Bola Ubi Manis


Laper?  Tapi males makan makanan yang berat-berat? Terus buka lemari pendingin, eh ada UBI (ihwaaaw), iseng pingin bikin makanan ringan buat temenin ngeteh, ngopi atau cuma buat nyemal nyemil?  Nah lumayan nih ada cara sederhana, bikin UBI jadi lebih exciting for eaten :D
Awalnya saya lagi liat salah satu acara kuliner di televisi, terus nampilin trik cara bikin bola-bola ubi yang kenyal dan enak deh pokonya. Nah pas lagi ada bahan ubi di rumah, saya nekat aja coba bikin dengan modal ingatan yang ngepas tentang gimana cara bikinnya. Tapi hasilnya enak juga kok, malah si ponakan ketagihan. Hihi
Kalau yang di acara kuliner waktu itu bola ubinya ga diisi gula jawa/merah lagi, karena mungkin udah manis, karena bahannya dari ubi madu. Tapi karena saya pake ubi biasa, jadi tambah gula jawa lagi aja buat isinya, lagian biar lebih maknyuuuuutt :D, nah berikut proses pembuatannya !!

Bahan :
  • Ubi (lebih baik kalau pake ubi madu)
  • Gula Jawa/Gula Merah
  • Sagu
  • Air putih matang
  • Minyak Goreng yang sehat

Cara Membuat :
  1. Ubi-ubi yang sudah dikupas kulitnya, dikukus sampai  empuk, sekitar 30 menit sih biasanya..
  2. Setelah ubi-ubi itu matang dikukus, ubi dihaluskan, ditumbuk atau apalah itu yang sejenis, sampai halus dan lembut.
  3. Nah karena waktu itu ubi yang saya gunakan bukan ubi madu, maka dari itu dengan kesadaran sendiri (hehe) saya tambahkan gula jawa/gula merah pada tumbukan ubi. Secukupnya aja, soalnya kalau kebanyakan takutnya nanti warna ubi gorengnya jadi hitam padahal ga gosong. Atau bisa juga diantisipasi dengan menggunakan gula bubuk yang putih itu, yang suka buat bikin kue-kue.
  4. Setelah selesai ditumbuk, campurkan sagu ke tumbukan ubi-ubi tadi. Jangan terlalu banyak. Semakin banyak sagu yang dimasukkan, mempengaruhi kadar kekenyalan hasil adonan nanti setelah digoreng. Kemarin untuk 5 buah ubi, saya gunakan 4-5 sendok makan sagu.
  5. Nah, kemudian uleni/aduk dengan tangan yang bersih adonan tersebut. Tambahkan air sedikit hanya jika adonan ubi dan sagu dirasa agak sulit menyatu. Jangan banyak mencampurkan air.
  6. Setelah sudah menyatu. Diamkan adonan sekitar 5-10 menit.
  7. Lalu buat gulungan-gulungan berbentuk bola. Sebenarnya sampai tahap ini adonan sudah bisa digoreng, dan sudah enak. Tapi karena saat membuat saya merasa kue bola ubi itu kurang nampol manisnya, makanya saya tambahkan isi dengan gula jawa/gula merah. Jadi pas digigit ada sensasinya gitu. Hehe
  8. Nah bulatan-bulatan adonan itu kemudian digoreng ke dalam minyak yang panas. Saya sarankan minyak yang digunakan sampai membuat bulatan-bulatan itu tenggelam, jadi bisa diaduk-aduk seperti saat menggoreng kerupuk. Jadi bulatan-bulatan adonan ubi itu bisa mengembang.
  9. Setelah bulatan-bulatan ubi berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  10. Nah, kalau tidak mau menggoreng semua adonan di saat itu juga, bisa disimpan di lemari pendingin, kalau bisa ditutup dengan plastik putih yaaa..

Happy Trying :D

1 komentar:

  1. saya kok ud bikin, tapi ga ngembang yang ada malah bantet, trus saya tambahkan fermipan biar ngembang, tpi kga ngembang juga. klo soal rasa si jangan ditanya..
    tolong infonya donk..

    BalasHapus

Terdepan