Selasa, 18 Januari 2011

Rangkuman Buku : Musik dan Kecerdasan Otak Bayi

Holaaa pembaca sekalian, topik kali ini pasti akan sangat menarik buat para calon-calon ibu atau buat orang-orang yang mau belajar bagaimana mengerti dan memahami perkembangan pada bayi. Nah, awalnya saya sedang memilah-milih buku yang pas untuk dijadikan bahan tugas kuliah. Tiba-tiba menemukan buku ini, dan ternyata buku ini menyimpan banyak pengetahuan yang bermanfaat untuk perkembangan baik. Jadi lumayak kan buat bagi-bagi ilmu pengetahuan ke orang-orang terdekat yang punya "baby" :). Dengan sentuhan-sentuhan sederhana yang mampu membantu tahap peningkatan kecerdasan "baby". Dan menurut saya, buku ini sangat menarik, karena saya jadi tau banyak hal yang akhirnya bisa saya bagikan ke tante-tante saya yang sedang dan akan mempunyai "baby".. Nah berikut ini adalah garis besar dari isi buku tersebut :


JUDUL BUKU                      : Musik dan Kecerdasan Otak pada Bayi

Perkembangan Otak
                Perkembangan otak sendiri dimulai sebelum bayi lahir. Dan secara menakjubkan, perkembangan itu mulai berlangsung ketika memasuki minggu pertama setelah permbuahan. Pada saat bayi lahir, sekitar  100 milyar neuron atau sel otak telah terbentuk.
                Otak mulai berkembang segera setelah pembuahan karena sel otak mulai terbentuk di ujung embrio. Pada usia kehamilan 3 ½ minggu, tabung neural ini mulai membesar dan matang untuk membentuk tulang belakang dan otak. Sistem yang telah dibentuk pada akhirnya akan mengarahkan penglihatan, bahasa, pendengaran, dan fungsi-fungsi yang lain.

Sifat / Bawaan dari Ikatan di Dalam Otak
Ada dua tenaga yang saling bekerja sama untuk mempengaruhi perkembangan bayi. Keduanya adalah :
  1. Gen Manusia. Gen adalah cara alam untuk menata pondasi dan membangun kerangka bagi perkembangan otak bayi.
  2. Lingkungan. Pengalaman yang di dapat selama di dalam lahir sampai setelah bayi lahir baik secara fisik ataupu emosi akan membantu menyempurnakan konstruksi otak bayi.
Begitu dilahirkan, otak bayi yang sedang mengalami perkembangan pesat membutuhkan dua kebutuhan dasar demi mendapatkan perkembangan yang optimal, yaitu :
  1. Ciptakan lingkungan yang aman. Agar bayi terhindar dari stress.
  2. Berikan pengalaman-pengalaman yang memperkaya.
BAB PERTAMA – Perkembangan Otak pada Bayi
Perkembangan Otak
         Otak bayi yang baru lahir sangatlah mungil – hanya sekitar 25% dari ukuran otak orang dewasa. Ketika diberi makan, dijauhkan dari bahaya, dan dirangsang, otak akan membesar ukurannya, beratnya bertambah dan kemampuannya untuk menyerap dan menanggapi lingkungan pun semakin baik.
      Bayi Baru Lahir Sampai 6 Bulan
         Antara usia dua sampai enam bulan, bayi akan mengembangkan keterampilan pemindaian dan pelacakan serta semakin mampu fokus pada benda yang dilihatnya. Pada periode ini , bayi akan mulai menggabungkan apa yang dilihatnya dengan apa yang dirasakannya, didengarnya, dan disentuhnya. Hal inilah yang disebut dengan integrasi penginderaan.
Usia 6 Sampai 9 Bulan
          Otak bayi pada usia enamhingga sembilan bulan tengah membentuk sejumlah besar ikatan yang memungkinkan terjadinya perkembangan tersebut. Pada saat ini, kepal abayi akan tumbuh dengan relatif lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan seluruh tubuhnya. Para ahli percaya bahwa pengalaman setiap hari dapat memberi pengaruh terhadap apa yang tengah berlangsung di dalam kepala bayi. Bahkan menggumamkan lagu ketika mengganti popoknya akan membantu membentuk otak bayi.
Bayi Pada Usia 9 – 12 Bulan
          Antara usia sembilan sampai dua belas bulan, bayi akan memberi tahu dengan berbagai cara bahwa ia sedang tumbuh dan semakin menyadari akan dunia di sekitarnya. Pada periode inibantulah bayi agar dapat memberi makna pada semua informasi yang telah diterima oleh bayi.
Bayi Pada Usia 12 – 24 Bulan
          Periode usia dua belas hingga delapan belas bulan di dalam perkembangan anak akan membawa serangkaian ujung tonggak perkembangan yang baru dalam berbagai bidang termasuk pergerakan, bahasa, pemberian makan, dan kemandirian secara menyeluruh.
Tahun Kedua
          Tahun kedua dalam kehidupan batita adalah sesuatu yang menarik yang dipenuhi dengan enerji dan penemuan baru tentang siapa dia dan apa yang bisa dia lakukan.
Tahun Ketiga
          Tahun ketiga dalam kehidupan anak adalah tahun yang paling aktif, baik secara verbal maupun fisik. Keterampilan bahasa dan gerakan akan meningkat secara dramatis dan dukunglah perkembangan intelektual serta sosial batita.
Membangun Otak Bayi
Otak yang mengalami perkembangan membutuhkan dua kebutuhan dasar : keamanan dan pengalaman-pengalaman positif. Orang tua yang menginginkan untuk dapat membentuk kekuatan otak dari bayi mereka harus mengingat dua aturan utama tersebut :
1.       Ciptakanlah lingkungan yang aman agar bayi tidak merasa stress. Dalam hal ini musik telah terbukti mampu mengurangi tingkat stress pada bayi.
2.       Berikan pengalaman-pengalaman yang memperkaya. Kegiatan seperti menyanyikan lagu yang dikenal baik oleh bayi dan Anda atau mendongeng akan memperkuat jalur-jalur bahasa, komunikasi dan asosiasi di dalam otaknya, yang nanti akan berguna dalam berkomunikasi dan memahami simbol serta matematika. Namun jangan terlalu banyak merangsang bayi. Karena itu bisa mengabitkan bayi merasa stress.
Di bawah ini ada sejumlah petunjuk untuk membangun kekuatan pada otak bayi :
ü  Upayakan perawatan yang baik sebelum kelahiran.
ü  Perhatikan gizi bayi dan ibu.
ü  Ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.
ü  Bicaralah pada bayi Anda.
ü  Dapatkanlah penitipan anak yang bermutu tinggi.
ü  Perkenalkan musik pada anak Anda.
ü  Batasi penggunaan televisi, dan jangan menggunakannya sebagai babysitter.
ü  Bantulah anak untuk hidup dengan kehidupan yang seimbang.
ü  Rawatlah diri Anda (orang tua).
ü  Dapatkanlah informasi yang Anda inginkan seputar dunia anak / bayi.
Bagaimana Musik Mempengaruhi Otak Bayi ?
Ada sejumlah pendapat yang cukup kuat bagi pentingnya musik terhadap perkembangan bayi. Hal itu adalah :
  • Membantu perkembangan otak bayi.
  • Membantu perkembangan bahasa.
  • Menjadi semacam jembatan belajar membaca.
  • Memberi perangkat bati mental untuk memecahkan masalah.
  • Meningkatkan keterampilan kognitif dan perilaku.
  • Menumbuhkan rasa percaya diri.
Musik itu menyenangkan dan mendatangkan keceriaan bagi anak-anak. Beberapa jenis musik yang disarankan untuk diperdengarkan kepada bayi antara lain : musik klasik, musik daerah, dan musik pengantar tidur.
Musik dalam Tahapan Usia Bayi
                Sejak di dalam kandungan seorang bayi telah belajar untuk mengenali suara-suara. Seorang bayi tidak hanya mampu mendengar suara, tetapi juga mengingat suara-suara apa saja yang telah didengarnya, bahkan ketika dia masih di dalam rahim ibunya.
Musik Klasik dan Perkembangan Otak
                Para peneliti menganggap bahwa kompleksitas musik klasiklah yang memicu otak untuk menyelesaikan masalah spasial secara lebih cepat. Itulah yang membedakan musik klasik dengan musik lainnya.
Musik dan Relaksasi
                Para ahli mengetahui bahwa musik lembut akan membantu bayi menjadi rilek yang sangat penting bagi perkembangan otaknya.
Musik Menguatkan Cara Berpikir
                Dengan perdengarkan musik, anak-anak mungkin akan mengalami peningkatan IQ spasialnya. Hal itu berarti membentuk imaji mental dari obyek-obyek fisik dan kemampuan untuk mengenali variasi-variasi obyek.
BAB KEDUA – Meningkatkan Kemampuan Otak
Kemampuan Penginderaan
  1. Penglihatan­­­­­­­. Adalah salah satu sumber utama informasi bagi bayi, yang akan membantu menyempurnakan ikatan antara sel-sel otak.
  2. Pendengaran dan Sentuhan. Bayi yang baru lahir dapat mendengarkan berbagai macam suara. Berbicara pada seorang bayi, akan membantu otak bayi mengembangkan keterkaitan yang diperlukan untuk memperbaiki ketajaman pendengaran dan untuk memahami bahasa.
Komunikasi dan Emosi
  1. Menangis. Bagi bayi, tangisan adalah salah satu cara untuk berkomunikasi. Itu adalah cara tentang bagaimana bayi memberi tahu apa yang diinginkannya.
  2. Memberi ASI. Memberi ASI pada bayi di usianya tertentu akan memberikan zat antibodi pada bayi dari susu ibu mereka.
Kemampuan Koordinasi
  1. ­Gerakan. Kemajuan perkembangan gerakan pada bayi dipengaruhi oleh perkembangan otak bayi. Kemajuan perkembangan ini akan dimulai pada saat lahir dan pada usia 6-12 bulan.
  2. Berjalan. Langkah kaki pertama seorang bayi juga merupakan awal dari keahlian gerakan yang cukup rumit yang akan terus berkembang sepanjang tahun kedua kehidupannya.
Melatih Otot dengan Musik
                Untuk melatih otot bayi, para ahli menyarankan agar sebaiknya mendudukkan atau membaringkan bayi dengan nyaman di atas pangkuan sambil mendengarkan Figaro Overture, The Piano Sonata No. 15, dan Sleigh Ride karya Mozart.
Musik Meningkatkan Potensi Kecerdasan
                Penggunaan otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang. Latihan musik yang memperluas wilayah otak di lain pihak mungkin dapat meningkatkan potensi kecerdasan. Lebih banyak neuron yang terlibat dalam proses, memungkinkan otak bekerja lebih harmonis.
Musik dan Pembentukkan Anak Menjadi Manusia Yang Utuh dan Bahagia
                Para ahli berkeyakinan bahwa bermusik (mendengarkan dan atau bermain musik) ternyata dapat memberikan nutrisi suara untuk meningkatkan gerakan, pendengaran, dan eksperimen pada anak-anak. Apabila diterapkan secara benar, musik dan kesusastraan akan memainkan peran yang sangat mengagumkan di dalam perkembangan anak dan balita.
Peranan Orang Tua
                Para orang tua dan pengasuh anak dapat membantu mengembangkan kegemaran anak pada musik mulai dari masa bayi. Berikut terdapat sejumlah saran :
  1. Mainkan musik untuk bayi Anda.
  2. Bernyanyilah untuk bayi Anda.
  3. Bernyanyilah bersama bayi Anda.
  4. Mulailah belajar musik sejak dini.
  5. Doronglah agar sekolah anak Anda juga mengajarkan musik.
Mengapa musik begitu penting?
                Hasil riset menunjukkan bahwa pelatihan dengan musik memberi lebih daripada sekadar hubungan sebab akibat terhadap perkembangan bagian-bagian tertentu dari otak secara jangka panjang.
BAB KETIGA – Musik dan Masalah pada Bayi/Anak
Masalah Bayi
                Banyak hal yang terjadi pada seorang ibu selama kehamilan yang bisa memberikan pengaruh terhadap bayi baru lahir. Faktor-faktor yang sering dihubungkan dengan kesehatan bayi setelah kelahiran meliputi hal-hal berikut ini :
  1. Kepala bayi lunak.
  2. Kepala yang kecil atau besar abnormal.
  3. Fontanel yang menonjol ke luar atau sangat cekung tidak normal.
  4. Tali pusar mengelilingi leher.


Masalah-masalah kesehatan khusus :


  1. Prematur.                                                           b.    Lebih kecil dari normal.
Perhatian Khusus
Perhatian khusus prelu diberikan pada :
ü  Saat bayi menangis dan kolik. Beberapa bayi di usia 4 bulan menangis selama 12 hingga 14 jam per hari. Masalah yang mengganggu ini disebut kolik. Tindakan menanganinya seperti :
a.       Meletakkan bayi tidur di atas perut ibunya.
b.      Membungkus bayi dengan erat dalam selimut.
c.       Menggendong bayi tegak atau dekat dengan dada dalam gendongan bayi.
ü  Disintegrasi ego. Banyak bayi rewel pada sore hari menjelang malam atau pada awal-awal malam hari. Orang tua sebaiknya didorong untuk bermain-main dengan bayinya walaupun mereka rewel. Ini dapat berubah menjadi suatu pertemuan yang menyenangkan.
ü  Kecemasan saat dipisahkan. Hampir setiap bayi mulai menangis saat dipisahkan dari orang tua. Orang asing merupakan hal menakutkan dan tidak bisa dipercaya bagi bayi.
Masalah Pada Anak


1.       Ketakutan
2.       Kegemukan
3.       Masalah tidur
4.       Negatifisme
5.       Rewel
6.       Hiperaktif



BAB KEEMPAT – Pengetahuan Seputar Musik
Pengaruh Kuat dari Musik
                Musik adalah cara yang paling mujarab untuk ikatan Anda dengan anak Anda selama tahun-tahun pertama kehidupannya dan dapat menciptakan tahapan hubungan yang erat sepanjang kehidupan Anda berdua. Di seluruh dunia, ketika orang tua bercakap-cakap dengan anak-anaknya, mereka akan menyesuaikan nada suara mereka dengan pola yang mendekati orang tengah menyanyikan sebuah lagu.
                Musik adalah pengatur yang baik yang membentuk tubuh dan pikiran untuk saling bekerja sama. Musik memberi :
  1. Pengulangan yang menguatkan pembelajaran.
  2. Ketukan yang berirama yang membantu koordinasi.
  3. Pola yang membimbing guna mengantisipasi apa yang akan terjadi berikutnya.
  4. Kata-kata yang menyusun bahasa dan kemampuan membaca.
  5. Melodi yang menarik hati dan perhatian dengan kegembiraan.
Pengaruh Musik pada Anak
                Musik dapat memberi pengaruh positif pada kecerdasan anak, tidak hanya kecerdasan berpikir saja, namun juga kecerdasan emosi. Dalam hal ini adalah tugas orang tua untuk secara cermat untuk memilih jenis musik serta memastika dampak positif seperti apakah yang dibeikan musik tersebut dalam menstimulasi otak si kecil. Para ahli berpendapat bahwa jenis musik yang dapat dipergunakan untuk pendidikan dan alat mempertajam kecerdasan manusia adalah musik yang mempunya keseimbangan 3 unsur : melody, ritme, timbre (tone colour).
                Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada “miring”.


DAFTAR PUSTAKA           :
Sari, Nur Rahadian. 2005. Musik dan Kecerdasan Otak Bayi. Bogor: Kharisma Buka Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terdepan