Kamis, 13 Januari 2011

Nasi Nyanyah Torpedo (Resep Makanan)

Pasti aneh yaaa pertama kali baca judul postingan ini >> Nasi Nyanyah Torpedo << Hahahah udah ngaku aja ga usah malu-malu :p ---- Sebenernya ini nama jenis masakan yang terinspirasi dari minimnya bahan makanan yang ada di dapur -,- (maksudnya ada yang bisa dimasak/diolah, tapi pas-pasan gituuu).. 

Saya kasih nama Nasi Nyanyah, karena nama itu diperkenalkan pertama kali oleh nenek saya tercinta saat pagi-pagi ngebuatin sarapan buat saya yang semalam sebelumnya ketiduran di ruang tamu rumah beliau. Berikut kira-kira cuplikan percakapan saat itu :
*keterangan : menggunakan parole betawi kota (ga medok)

N : dah bangun? sarapan ye, tu ada nasi digoreng
D : iya deh (ngangguk-ngangguk)
N : gih sendok gih di dapur (sambil menaruh 2 gelas teh panas)
D : (ngambil sarapan di dapur) nasi apan nih? nasi goreng kok pucet banget..
D : bo (panggilan untuk nenekkuu), ini nasi goreng?
N : iye digoreng, nasi nyanyah
D : nasi nyanyah?
N : iye, nasi di goreng sampe agak kering, cuma pake bawang, cabe, diiris sama garem sama royco, ga pake minyak
D : ??#/$..* (setelah mencoba) >> mmm enak kok ya? gurih
N : iye, emang enak, ibo suka bikin, ga usah pake macem-macem

Nah semenjak itu, akhirnya saya jadi sering bikin nasi nyanyah kalo lagi laper tengah malam atau lagi ga ada lauk-pauk, malas keluar buat beli makan dan persediaan bahan terbatas. Lama-lama saya mulai menggunakan kombinasi-kombinasi baru, sehingga rasanya jadi lebih menarik di lidah (maknyoooos gicu looh). Akhirnya untuk kombinasi baru yang satu ini saya beri nama >> Nasi Nyanyah Torpedo <<.
Berikut resep masakannya:

Bahan Utamanya adalaaah....
·         Nasi putih takaran 1 piring, jangan sepiring penuh loooh
·         Bawang putih 1 siung (tergantung selera)
·         Bawang merah 6 siung (tergantung selera)
·         Cabai merah dan rawit hijau (jumlah tergantung selera, ga pake juga no problemo, is okay)
·         Garam
·         Telur 1 butir (tergantung minat)
·         Saus pedas (tergantung minat)
·         Ikan asin (kalo bisa jenis ikan asing kering yaaa, jangan yang basah, eh tapi terserah sih, suka-suka deh, saran doang gitu heee)
·         Royco rasa sapi atau ayam (terserah lah)
·         Mentega (saya biasa pake blueband)
Cara masaknya, begini looh..
Tahap 1
  • Iris cabai merah dan rawit hijau, lalu iris-cincang bawang putih dan bawang merah (ingat ingat! dicincang yaa !!).
  • Kocok telur dengan saos pedas dan siapkan potongan/suiran ikan asin pilihanmu.
Tahap 2
  • Panaskan mentega/blueband, kira-kira 2 sendok makan (tidak usah terlalu banyak, karena aslinya tanpa minyak atau mentega, seperti kata nenek saya itu loh)
  • Tumis cabai dan bawang yang sudah diiris dan dicincang itu, tumis sampai cukup harum (jangan sampai kering), setelah ditumis sebentar, agak disingkirkan ke pinggir.
  • Masukkan kocokan telur dan saos tadi, lalu aduk-aduk hingga menjadi orak-arik (biar ga jadi telur dadar) setelah tidak ada lagi bagian telur yang cair (jangan sampai kering) kembali campurkan tumisan cabai dan bawang yang anda pinggirkan tadi dan suiran/potongan ikan asin, terus diaduk-aduk/tumis.
  • Tidak lama kemudian masukkan nasi, tambahkan garam secukupnya, dan royco jika mau (tidak perlu banyak-banyak). Lalu aduk hingga merata..
  • Setelah nasi dirasa sudah mulai mengering dan bumbu sudah merata, angkat lalu hidangkan
*untuk ikan asin anda bisa mengganti sesuai selera anda, misal dengan ayam atau aneka seafood, saya memilih ikan asin, karena saya rasa lebih bombastis rasanya dan menambah gurih serta mengundang selera saya.

Nah setelah dihidangkan nasi siap disantap. Begitu saja sudah enak kok. Kalau mau disantap bersama lauk lainnya juga bisa. Seperti hari ini, saya santap bersama cumi balado dan rasanya WAH MANTAP!! Heheh ditemani juga dengan segelas >> MilkMix Ice << yang dibuat sendiri dengan penuh cinta dan kasih sayang hohoho.
Sayang pas tadi pagi bikin, saya ga sempat mengabadikannya dalam bentuk foto, karena sebelumnya ga ada niat mau diposting sebenernya heehe. Yaudah deh pokoknyaaa : SELAMAT MENCOBA DAN MENIKMATI !! (buat yang tertarik aja kok :D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terdepan