Jumat, 28 Januari 2011

Bincang-Bincang ala WarKop (Warung Kopi) Teh Ceceu


Di warung kopi Teh Ceceu, Kelurahan Sukadana, Negeri Kongkalikong, sedang asik berkumpul beberapa orang pemuda yang sedang asik berbincang:
Jonto, mantan mahasiswa salah satu universitas terkenal, yang baru 4 bulan ini mendapat gelar SE (Sarjana Ekonomi).
Botang,  mahasiswa spesialis peternakan yang sedang berusaha keras menemukan terobosan baru tentang perkawinan silang antara sapi lokal dan kerbau impor sebagai rancangan tugas akhirnya.
Muclis,  mahasiswa calon guru kesenian yang sedang menyiapkan doktrin-doktrin kebangkitan pemuda melalui karya seni, entah itu lagu, gambar, ataupun bentuk 3 dimensi. Yang ia siapkan dengan judul “Seni untuk Mengkritik”.
Menuju TKP...
M : Kalian tau tidak, beberapa petinggi negeri kita, mati! (sambil mengunyah pisang goreng yang baru saja dihidangkan oleh Teh Ceceu)  aduh panas..
B : Ah, gila lu Clis, mati kok barengan, edan!
J : Sok tau sampean iki Clis, mbok yooo ngomong hati-hati, koyo kenal aja sampean karo mereka.
M : Loh aku serius kawan, semalam aku dengar kabar itu dari radio Roes sax FM, nah yang mati, salah satunya Bapak N yang terkenal itu loh..
J : Teh, aku minta kopine satu gelas lagi yoo (berbicara pada teh cece) – lalu, apa lagi sing sampean denger, Clis?
M : Tak tau lagi lah aku, ketidurannya aku ini. Hehe
B : Wah, payah lau clis! Eh tapi, kasihan juga yak negeri kita ini, kehilangan beberapa sosok petinggi  sekaligus. Ckck miris gue..
J : Ah, perasaan tadi pas aku lari pagi melewati Komplek Petinggi, yoo sekalian lihat-lihat renovasi rumah-rumah mereka iku looh hehe, aku lihat Bapak N karo temenne yang juga seorang petinggi, sedang lari pagi kok. Berarti beliau belum mati toh?
M : (sambil memakan pisang goreng yang ketiga) – Setannya ituu..
J : Hah? Setan? Waduuh apesne aku iki, mbok yo pagi-pagi ketemu duit ngampar, lah kok iki pagi-pagi moso malah bertemu dengan setan petinggi itu!
B : Huss.. lu pada ada-ada aja, lagi pula mana mungkin pagi-pagi ada setan..
M : Ya tentu saja ada lah Tang! Lah buktinya itu tuh yang dilihat sama Jonto tadi pagi.. zaman sekarang manusia jadi setan itu sudah biasa, tak usah kaget lah kau Tang..
B : Wah, serius lu Clis? Wah gue jadi takut ke komplek itu, takut ketemu setan-setan petinggi.. hiiii bergidik nih..
J : Selooow bae Tang.. nampakne setan-setan iku baik, apik tenaan.. wong tadi pagi pas aku ketemu setanne Bapak N dan temannya iku, mereka melempar senyum padaku kok.. ruaamah yoo..
M : Ah kau ini Jon, itu hanya di depan kau saja ituu mereka bersikap manis. Padahal di belakang kau yaa, mereka terus menghantuimu, mengganggumu, membuat kau jadi tak enak hidup, tak tentram, tak bahagia, susah! – Teh Ceceeeuu, kenapa pisangnya cepat sekali habis, tambahlah 5 biji (berbicara pada Teh Ceceu)
Teh C : Etah kasurupan setan petinggi kayakna mah si Muclis teh.. makannya rakus pisaan.. astagpirullooh (ucap Teh Ceceu dalam hati, sambil mengambil gorengan di dapur).
B : Waduuuh elu Clis, bikin gue tambah bergidik aja nih!
M : Hahahaha, santai lah Tang,, tapi memang betul lah apa yang aku katakan sama kalian itu..
J : Naaah aku punya ideee.. gimana kalo kita serang aja setan-setan iku? Gimanaaa? Bagus toh ideku? He hee
B : Maksud lo gimana Jon?
J : Gini looh, maksud ku kita teror setan-setan iku, supaya mereka jauh-jauh dari negeri kita iki..
M : Hadaaah gaya kau Jon. Heh, kau tau tidak? Kalau kau serang satu setan, mereka bisa saja dengan gampang menyuruh kawan-kawannya untuk menyerang kau balik. Teror mereka itu lebih kejam Jon, bisa mampus kau!
J : Walaaah iyo yoo?
M : Lah iya laah.. Jonto kawankuuu.. kau itu harus hati-hati sebelum berurusan dengan mereka harus pikir matang duluu.. kalau tidak kau bisa terjebak dalam lingkaran setan, tak bisa keluar kau jadinya, bisa mati kutu kau di dalam lingkaran itu, jadi korban lah kau.. sekali mereka tau kau tak sepaham saja itu bisa membahayakan kau.. apalagi kau teror mereka langsung.. jangan gegabah Jontoo..
J : Lah terus gimana yoo?
M : Entah lah, sedang malas mikirnya aku ini.. Kekenyangan akuu..
Teh C : Nah rasakeuun.. kekenyangan kan si aden teh.. mana bisa mikir baik atuh kalo kekenyangan mah, macam petinggi itu aja sih den Muclis iyeu, sagala dimakan.. ckck
M : Hehe, betul juga teteh ini.. Lalu bagaimana pula lah? Sudah terlanjur masuk makanan itu...
B : Nah punya usul!! Lebih baik sekarang kita persiapin diri mulai dari kita sama temen-temen kita aja dulu.. dari anak mudanye, yaaa kalo yang tua-tua udah tinggal pasrah, kita ajarin tuh yang muda-muda supaya ga pasrah doang..
J : Aku juga punya tambahan usul! He hee.. buat antisipasi serangan jarak dekat dari setan-setan iku, yoo kita bacain surat-surat doa aja, biar mereka panas.. kebakarr..
M : Aduuh Jon, tak mempan itu dengan setan macam mereka.. mereka itu lebih berbahaya dari setan biasanya.. Tak akan panas mereka, mereka itu sudah tutup telinga mereka supaya tidak perduli dengan suara di sekitar mereka.. itu yang menambah kejam mereka, menambah sifat kesetanan mereka..
B : Gila tuh setan petinggi, danger juga!
J : Yoweeess, kita berdoa saja bareng-bareng supaya setanne iku pergi, ga ganggu lagi. Kita berdoa karo Gusti Allah, supaya Negeri Kongkalingkong iki aman sentosa dan bebas dari gangguan setan-setan petinggi.. Gimana?
M : Setuju lah aku soal ini, hehe
B : Iya gue juga setuju Jon..
Teh C : Saya juga setuju den..
J : Yowisss, Muclis, sampean pimpin doane yoo..
M : Lah kenapa aku Jon?
J : Yo rapopo, emangne salah?
M : Bukan salah Jon, tapi aku lupa cara-cara berdoa yang baik hehe
: Walaahh Clis, aku juga ra bisa yooo he hee
M : Halaaah kau ini, ku kira kau bisa..
B : Ah elu pada, yaudah mending kita cari orang pinter aja sekalian minta ajarin!
M : Boleh itu, mau ke dukun mana kita?
B : Baah sekate-kate.. Dukun mulu yang ada di otak lu Clis. Bukan dukuuun..
J : Oh aku tau, maksud sampean insinyur nggih? Ya po oraa?
B : Itu juga bukaan.. Maksud gue tuh orang ahli agama, kayak ustad-ustad gitu.. Hah macem gini nih, bikin negeri tambah semrawut..
M : Hehe sorry lah Bang Botang.. Yasudah, lalu kita cari kemana itu bapak ustad?
J : Yoo ke tempat pengajian, masjid ato ngga musholla, moso ke tempat dugem..
B : Hahaaa ayo dah berangkat!
M : Teh Ceceuu.. Teteh tunggu saja di sini okey, biar kami yang berjuang dengan doa..
Teh C : Lah etah makanan minumannya kumaha atuh? Bayar dulu deen..
J : Tenang aja Teteh Ceceu, nanti aku karo temen-temenku iki bakal mbalik ke sini lagi,okeh?
B : Iya, teh tar kita bakalan balik lagi, utang dulu ye teeh.. he hee
J,B,M : Assalammualaikum!
Teh C : Eleuh eleuh, kabiasaan tuh anak-anak, utang deui.. utang deui.. Kumsalaam..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terdepan